Fakultas Teknik UNIVET BANTARA Sukoharjo Menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pembelajaran Daring (SPADA)

 “Dokumentai Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pembelajaran Daring”

Sukoharjo, 01/04/2022 – Fakultas Teknik  Universitas Veteran Bangun Nusantara selenggarakan bimbingan teknis (BIMTEK) Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) pada hari Jum’at, 1 April 2022 di Ruang Seminar Fakultas Teknik. Kegiatan bimtek dengan tema Pengembangan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) bertujuan untuk mempersiapkan seluruh dosen Fakultas Teknik dalam menghadapi perkuliahan semester Genap TA 2021/2022.

SPADA adalah salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Keberadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang begitu canggih dewasa ini, menawarkan potensi besar untuk menjawab tantangan tersebut di atas. TIK memberikan peluang dilakukannya pendidikan tinggi berjejaring (networked higher education) dan pembelajaran daring (online learning). Atas dasar inilah SPADA hadir sebagai salah satu terobosan (breakthrough) Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan tenaga trampil berpendidikan tinggi.

Narasumber Pengembangan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Fakultas Teknik kali ini berasal dari Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIuP) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd sebagai Kepala PPTIuP, Basori, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Divisi E-learning, dan Dr. Endang Widiyastuti, S.Pd., M.Pd. sebagai Ketua Divisi Multimedia. Kepala PPTIuP Dr. Daru, S.Si, M.Pd menyambut baik dan semangat menghadiri undangan dari Fakultas Teknik saat mengetahui diminta menjadi narasumber acara BIMTEK tentang SPADA “Kami (tim PPTIuP UNS) langsung mengiyakan karena ini menjadikan cerminan bahwa FT UNIVET mau berkembang dan bersinergi”.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik, Ir. Hendramawat Aski Safarizki, ST., MT, menyampaikan kewajiban dosen Fakultas Teknik untuk memiliki minimal 1 matakuliah pada SPADA Univet yang dapat diakses melalui spada.univetbantara.ac.id. Kedepannya sesuai dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pemanfaatan SPADA di Fakultas Teknik dapat memberikan peluang bagi mahasiswa dari perguruan tinggi lain untuk dapat mengikuti perkuliahan yang ada di Fakultas Teknik Univet dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.
Kegiatan Pengembangan SPADA ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Teknik. Salah satu dosen peserta, Rian Prasetyo, S.Pd., M.Sc , menyampaikan “semoga kegiatan ini diadakan tidak hanya sekali tetapi berkali-kali dan  kami dibimbing sampai SPADA kami ada isi”
Hal itu juga disampaikan Ir. Hendramawat Aski Safarizki, ST., MT, bahwa dirinya sudah meminta bantuan Tim PPTIuP UNS untuk membantu dan memberi pendampingan secara ekslusif ke FT UNIVET sehingga kegiatan ini bukan kegiatan satu-satunya melainkan ada kegiatan lanjutan.

“Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pembelajaran Daring (SPADA)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *