Workshop PKM Fakultas Teknik UNIVET BANTARA Sukoharjo

Fakultas Teknik pada hari Kamis, 12 November 2020 laksanakan workshop Program Kreatifitas Mahasiswa PKM) secara daring. Disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik bahwa tujuan dilaksanakan Workshop PKM ini adalah Guna untuk menyiapkan bekal dan memotivasi mahasiswa memasuki bulan-bulan PKM yang deadline pengumpulannya di bulan Februari 2021. Selain itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari proposal yang diajukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik sesuai dengan subtansinya yang tentunya tidak lepas dari bimbingan dosen. Jumlah peserta dalam kegiatan ini lebih dari 200 mahasiswa Fakultas Teknik baik dari Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Industri semester 1, 3 dan 5.

Pembicara dalam workshop PKM ini  adalah : (1) Prof. Dr. Kurnianto Tjahjono,MBA (Reviewer PKM Nasional dan Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta); dan (2) Novian Welly Asmoro, S.TP.,M.Sc. (Dosen Teknologi Hasil Pertanian Univet Bantara Sukoharjo)

Dari Pembicara pertama  Prof. Dr Kurnianto disimpulkan bahwa: Model pembelajaran professional adalah mengkombinasikan antara visi, jiwa, sains dan pengalaman dalam pendidikan manajemen. Dengan adanya pemikiran yang konseptual, maka akan menghasilkan sesuatu yang terstruktur pula. Hal ini didukung kecerdasan pemimpin di era disrupsi, antara lain intellectual quotient, emotional quotient, execution quotient, dan spiritual quotient. Beberapa hal di atas mendorong kita untuk menghasilkan suatu gagasan yaitu Program Kreativitas Mahasiswa. PKM ini membantu memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif inovatif, objektif kooperatif, serta membangun kebhineka tunggal ikaan. Jenis-jenis PKM antara lain: (1) PKM-P ; (2) PKM-K ; (3) PKM-M ; (4) PKM-T ; (5) PKM-KC ; (6) PKM GT ; (7) PKM AI dan (8) PKM GFK. Dimana setiap jenis PKM di atas memiliki kriteria dan sistematika yang berbeda-beda, yang mana akan tertera pada Pedoman PKM.

Kesimpulan pembicara ke-2, Novian Welly Asmoro: Karya tulis ilmiah bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang). PKM-GT bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk mengembangan dan meningkatkan daya imajinasi mahasiswa. PKM-GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya. Penilaian pertama kali adalah lolos seleksi administrasi terkait format penulisan masing-masing PKM yang harus disesuaikan sesuai dengan buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *