Workshop Penggunaan Aplikasi MENDELEY bagi dosen Fakultas Teknik di Hotel SARILA Sukoharjo, Selasa 19 November 2019

Mendeley merupakan salah satu software manajemen referensi yang mempermudah  dalam penulisan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, artikel jurnal, makalah, dan lain-lain). Dengan menggunakan Mendeley, sebagai alat bantu untuk memudahkan pembuatan karya ilmiah khususnya dalam mengelola referensi yang digunakan dan  sangat memudahkan dosen dalam melakukan pengutipan karena telah bekerja secara otomatis, selain itu tingkat kesalahan dalam melakukan pengutipan tidak akan terjadi seperti dilakukan secara manual. Dalam penyusunan dan penulisan karya ilmiah sangat penting untuk melakukan sitasi referensi yang digunakan sebagai bentuk penghormatan intelektual yang dihasilkan oleh penulis referensi tersebut, selain itu mengutip referensi bertujuan menghindari plagiarisme dalam melakukan penulisan. Pencantuman referensi dalam penulisan karya ilmiah dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai sumber asli yang digunakan.

Sebagaimana disampaikan oleh narasumber Singgih Subiantoro, S.Pd, M.Pd (Dosen teknologi Pendidikan, Univet Bantara), bahwa dalam penyampaiannya membimbing peserta pelatihan dengan sungguh-sungguh mulai dari proses menginstal aplikasi Mendeley, registrasi akun, mengimpor referensi, sitasi, hingga bibliografi menggunakan Mendeley. Bahwa Aplikasi Mendeley membantu dosen dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation. Di samping itu, dengan “citation & reference manager” penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik atau kategori tertentu.

Pembuatan karya ilmiah dalam dunia pendidikan merupakan hal yang lumrah. Begitu pula dengan Univet Bantara Sukoharjo sebagai Perguruan Tinggi tinggi yang bergerak di bidang pendidikan menghimbau bahkan mewajibkan seluruh civitas academika untuk membuat karya ilmiah. Dengan menggunakan Mendeley sangat memudahkan dosen dalam melakukan pengutipan karena telah bekerja secara otomatis, selain itu kesalahan dalam melakukan pengutipan tidak akan terjadi lagi sebagaimana apabila dilakukan secara manual. Mendeley juga memfasilitasi untuk mencari referensi-referensi terbaru dalam Mendeley Research Catalog dengan begitu dapat menambah wawasan dosen dalam melakukan penulisan karya ilmiah. Penggunaan aplikasi Mendeley diharapkan dapat mempermudah dosen Fakultas Teknik dalam pembuatan karya ilmiah khususnya dalam hal penambahan referensi seperti membuat catatan kaki (footnote), membuat daftar pustaka secara otomatis. Penggunaan aplikasi Mendeley juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan penulisan karya ilmiah dan penulisan referensi yang sesuai dengan ketentuan yang digunakan dalam jurnal-jurnal Nasional maupun Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *