Workshop Pembelajaran Daring (E – Learning) di SARILA HOTEL Sukoharjo, Kamis 12 September 2019

Selasa, 12 September 2019, Fakultas Teknik Univet Bantara Sukoharjo laksanakan workshop Sistem Pembelajaran Daring atau SPADA. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran yang bermutu di Fakultas Teknik. Disampaikan oleh Wakil Dekan Teknik Darsini, ST, M.Si bahwa pembelajaran jarak jauh adalah proses belajar-mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi. Proses pembelajaran dilakukan secara elektronik (e-learning), dimana memanfaatkan paket informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik kapan saja dan di mana saja.

Program SPADA Indonesia pada dasarnya adalah implementasi dari Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 12  Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Permendikbud No. 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. Dimana dalam Permendikbud No. 109 tahun 2013, menyatakan bahwa salah satu lingkup pendidikan jarak jauh yaitu lingkup mata kuliah.

Sebagai narasumber workshop adalah bapak Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd, yang menyampaikan bahwa dengan sistem pembelajaran daring, SPADA memberikan peluang bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk dapat mengikuti suatu mata kuliah bermutu yang diajarkan oleh dosen melalui pembalajaran daring, dimana mahasiswa tersebut terdaftar pada Pendidikan Jarak Jauh secara daring. Penyelenggaraan mata kuliah dengan daring menggunakan SPADA. dosen pengampu dapat menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *