Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Berdedikasi Untuk Masyarakat

Sukoharjo, 28/03/2022. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo kembali turun aksi dengan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertempat di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup dan dinas kearsipan serta perpustakaan Kab.Sukoharjo. Kegiatan ini dimulai dengan proses yang cukup panjang, mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dari kegiatan tersebut.

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program kerja dari divisi eksternal HMTI. Selain untuk menjalin tali silaturahmi, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Intinya mahasiswa sangat erat hubungannya dengan pengabdian masyarakat, seperti yang sudah ada di dalam tri dharma perguruan tinggi yang salah satu poinnya adalah pengabdian masyarakat, ucap Supreh (Ketua panitia).

Pada hari pertama, kegiatan ini dibuka dengan laporan dari Supreh Anto selaku ketua panitia, sambutan oleh Yudha Adhi P. selaku ketua umum HMTI , dan pembukaan dari Suprapto S.T., M.Eng. selaku Kepala Program Studi Teknik Industri Univet Bantara. Kegiatan di hari pertama pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD N 2 Mancasan dan dihadiri oleh Ir. Budi Wibowo, S.T., M.T. selaku dosen perwakilan dari program studi Teknik Industri Univet Bantara Sukoharjo dan anak-anak tingkat Sekolah Dasar Desa Mancasan untuk sosialisasi guna meningkatkan budaya literasi/minat baca anak-anak sebagai pemuda penerus bangsa. Dalam penyampaian pentingnya membaca ini, HMTI juga bekerjasama dengan Himagusda (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Univet Bantara. Di akhir sesi sosialisasi, HMTI juga mengundang perpustakaan keliling dari Dinas kearsipan & perpustakaan Kab.Sukoharjo untuk meningkatkan antusias anak-anak dalam membaca buku. Sebagai penutup di acara hari pertama ini, HMTI juga mengundang Ibu PKK Desa Mancasan untuk peresmian rumah baca di Desa Mancasan dari HMTI.

Pada hari kedua sekaligus hari terakhir kegiatan pengabdian masyarakat ini, HMTI mengundang Ketua RT dan masyarakat setempat beserta Suprapto S.T., M.Eng. dan Maria Puspita Sari, S.T.,M.Sc. selaku perwakilan dosen Program Studi Teknik Industri Univet Bantara. Dalam kegiatannya, HMTI bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab.Sukoharjo untuk membuatkan Tempat Pembuangan Akhir limbah dari masyarakat Desa Mancasan karena sebelumnya masyarakat mengeluh tidak mempunyai TPA (Tempat Pembuangan Akhir) untuk membuang hasil limbah mereka.

Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan bisa mengatasi permasalahan di Desa Mancasan tersebut sehingga kedepannya masyarakat bisa lebih meningkatkan budaya literasi pada anak-anak dengan rumah buku baru mereka dan tetap menjaga lingkungan dengan membuang limbah ke TPA.

“Pembuatan dan Peresmian Jalur Tempat Pembuangan Akhir di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *